Friday 15th December 2017

Kastil Aisya Memenangkan Anugerah Persuratan Singapura 2015

Kastil Aisya Memenangkan Anugerah Persuratan Singapura 2015

kastil aisya

Singapura, buku puisi Kastil Aisya karya Noor Aisya memenangkan Anugerah Persuratan 2015 untuk kategori Buku Terbaik pada malam anugerah 22 November lalu.
Buku yang diterbitkan oleh National Arts Council Singapore ini dinilai memiliki nuansa tasawuf yang kuat. Karena kekuatannya itu, panel juri memutuskan Kastil Aisya sebagai buku puisi terbaik Singapura 2015, selain Genta Cinta karya Peter Augustine Goh yang mendapatkan anugerah yang sama.
Dari aspek kebahasaan, penyair Indonesia, Muhammad Rois Rinaldi,  dalam pengantarnya di buku tersebut berpendapat bahwa puisi-puisi Noor Aisya mengalami pergeseran bahasa Melayu yang cukup mencolok.
“Membaca puisi Noor Aisya seperti membaca ruang transisi sastera Melayu mutakhir. Ada pergeseran-pergeseran penggunaan bahasa Melayu yang cukup mencolok. Tema-tema yang ia angkat secara umum, tidak pernah lepas dari masalah sosial dan kemanusiaan.”
“Keputusan rasmi penganugerahan dua tahun sekali itu didedahkan semalam sempena majlis penyampaian hadiah, anjuran Majlis Bahasa Melayu Singapura (MBMS).” Begitu ungkap Ciung Winara yang turut hadir dan mendapatkan anugerah kategori sajak.
Noor Aisya sendiri, ketika dikonfirmasi oleh Lentera Internasional, mengaku gembira dengan kemenangannya. Meski demikian, ia tidak mau berpuas hati. Banyak pelajaran yang harus ia tempuh sebagai salah satu penyair perempuan yang diperhitungkan di Negeri Berbilang Kaum tersebut.
 “Alhamdulillah. Ini kejayaan yang tak terkira. Saya harus belajar lagi dan terus belajar. Beban sebagai penyair bukan mudah,” ungkap penyair perempuan Singapura yang namanya cukup dikenal di Malaysia dan Indonesia ini.
Tags: , , ,

No Responses

Leave a Reply